Mengidentifikasi Teknologi Jaringan Komputer

Halo warganet sekalian selamat datang di blog saya, pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang mengidentifikasi teknologi jaringan komputer.

 

Kamu ada tugas tentang mengidentifikasi komputer, tapi kamu tidak tau komputer itu sendiri secara istilah apa? Yuk kita belajar bareng-bareng tentang cara mengidentifikasi teknologi jaringan komputer.

 

Pengertian Jaringan Komputer

Istilah “jaringan komputer” mengacu pada sekumpulan dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain dan berbagi data. Jaringan dibuat menggunakan kombinasi perangkat lunak dan perangkat keras untuk menciptakan sistem yang dapat bekerja tanpa hambatan.

 

Untuk membuat jaringan, router dan switch menggunakan berbagai protokol dan algoritma untuk bertukar data dan mentransfer informasi ke titik tujuan yang diinginkan.

 

Setiap titik akhir (kadang-kadang dikenal sebagai host) dalam jaringan diberi pengidentifikasi unik, biasanya alamat IP, atau alamat Kontrol Akses Media yang dapat digunakan untuk menentukan asal atau tujuan transmisi. Titik akhir dapat mencakup komputer pribadi, telepon server, serta perangkat jenis lain yang digunakan dalam jaringan.

 

Jaringan juga dapat dibangun dengan menggabungkan teknologi nirkabel dan kabel. Perangkat jaringan berkomunikasi menggunakan media transmisi nirkabel atau kabel.

 

Untuk jaringan yang mengandalkan kabel, Anda mungkin memerlukan serat optik, kabel koaksial, dan kabel tembaga. Jalur jaringan nirkabel termasuk dalam kategori jaringan yang menggunakan koneksi data nirkabel untuk menghubungkan berbagai titik akhir. Titik akhir adalah sistem radio penyiaran, satelit radio seluler, dan gelombang mikro.

 

Jaringan dapat dibuat publik atau pribadi. Jaringan pribadi umumnya mengharuskan pengguna memasukkan kredensial untuk terhubung ke jaringan. Mereka biasanya diberikan kepada administrator secara manual atau langsung oleh pengguna menggunakan kata sandi akun atau menggunakan kredensial lainnya. Jaringan publik seperti internet tidak dibatasi aksesnya.

 

Jenis Jaringan Komputer

Setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya jaringan komputer, penting untuk menyadari berbagai jenisnya. Berikut adalah beberapa jenis jaringan komputer paling populer yang dapat Anda temukan.

 

LAN (Local Area Network)

Jaringan menghubungkan perangkat dalam jarak yang sangat pendek. Jaringan sekolah, kantor atau rumah umumnya memiliki satu LAN, tetapi seringkali satu struktur akan memiliki beberapa LAN jaringan yang lebih kecil (mungkin setiap ruangan) dan kadang-kadang, LAN tersebar di beberapa gedung di dekatnya. Untuk jaringan TCP/IP, LAN biasanya tidak selalu diimplementasikan sebagai satu subnet IP.

 

Selain beroperasi dalam area kecil, jaringan komputer semacam ini biasanya dikendalikan, dimiliki, dan dikendalikan oleh satu individu atau perusahaan. Mereka juga cenderung menggunakan jenis konektivitas tertentu termasuk Ethernet serta Token Ring.

 

Ada juga LAN yang menggunakan teknologi nirkabel, seperti Wi-Fi, dan disebut Wireless Local Area Network (WLAN).

 

MAN (Metropolitan Area Network)

Jaringan MAN adalah jaringan komputasi yang menghubungkan beberapa jaringan LAN yang terletak di kota yang identik. Jika jarak antara dua LAN tidak cukup untuk membangun jaringan maka MAN jaringan digunakan.

 

Jenis jaringan untuk komputer ini lebih besar dari LAN namun lebih kecil dari jaringan WAN. MAN menggunakan kabel dan perangkat khusus untuk menghubungkan LAN.

 

WAN (Wide Area Network)

Istilah “WAN” juga dapat dianggap sebagai seperangkat LAN yang tersebar di seluruh dunia. Perangkat jaringan, juga dikenal sebagai router menghubungkan LAN ke jaringan area luas. Dalam jaringan IP, router menyimpan alamat WAN dan alamat LAN.

 

Ada perbedaan antara WAN dan LAN dalam banyak hal penting. Mereka berbeda dari LAN dalam berbagai cara. WAN (seperti Internet) tidak dimiliki oleh satu entitas tunggal dan berada di bawah kepemilikan dan manajemen kolektif atau terdistribusi. Mereka biasanya menggunakan teknologi seperti ATM Frame Relay dan X.25 untuk konektivitas jarak yang lebih jauh.

 

PAN (Pearson Area Network)

Seperti jaringan LAN, jenis jaringan komputer PAN biasanya memiliki tapak yang lebih kecil, seperti jaringan kantor atau rumah. Sebagian besar waktu, jaringan semacam ini digunakan untuk berbagi sumber daya seperti akses internet, Internet, dan printer.

 

CAN (Campus Area Network)

Dalam beberapa hal sangat mirip dengan jenis jaringan komputer MAN, namun hanya tersedia untuk universitas atau perguruan tinggi. Jenis jaringan ini umumnya dirancang untuk tujuan pendidikan seperti pembaruan kelas, ujian latihan lab, email, pemberitahuan, dan banyak lagi.

 

Internet

Internet adalah jaringan komputer terbesar yang dibangun oleh manusia. Internet ini telah menghubungkan jutaan perangkat seperti laptop, PC, server workstation, Smartphone, Tablet, CCTV, TV, Webcam, dan lainnya.

 

Menurut laporan yang dirilis pada Januari 2018, ada 2150 juta sistem akhir yang terhubung ke internet. Untuk menghubungkan perangkat ini, berbagai teknologi dan infrastruktur digunakan. Internet tersedia untuk semua. Karena setiap orang memiliki kemampuan untuk bergabung dengan web, itu juga dianggap sebagai jaringan yang paling aman.

 

VPN (Virtual Private Network)

VPN adalah jawaban untuk koneksi Internet yang aman. Misalnya, sebuah bisnis memiliki dua kantor, satu berlokasi di Jakarta dan satu lagi di Bandung. Dalam skenario ini, bisnis dapat menggunakan VPN untuk menghubungkan dua kantor. VPN memastikan bahwa rute aman dibuat melalui Internet dan merupakan pilihan yang bagus untuk mengirimkan data.

 

Ini adalah jenis jaringan komputer yang ada. Langkah selanjutnya adalah membahas apa itu struktur komputer.

 

Topologi Jaringan Komputer

Dalam jaringan komputer, istilah “topologi” mengacu pada susunan perangkat yang terhubung. Topologi jaringan komputer sering disebut sebagai jenis struktur jaringan. Bentuknya mungkin tidak mencerminkan susunan fisik sebenarnya dari perangkat yang ada di jaringan.

 

Misalnya, komputer di jaringan rumah dapat diatur di sekitar pola melingkar di ruang hidup Anda, namun sangat kecil kemungkinannya untuk melihat topologi cincin di area itu. Topologi untuk jaringan diklasifikasikan ke dalam jenis dasar berikut:

 

  1. Bus (bis)
  2. Ring (cincin)
  3. Star (bintang)
  4. Tree (pohon)
  5. Mesh (jala)

 

Jaringan yang lebih rumit dapat dibuat dengan menggabungkan tiga atau empat topologi dasar yang disebutkan di atas.

 

Bus

Topologi jaringan komputer bus menggunakan kabel untuk menghubungkan tulang punggungnya. Kabel ini berfungsi sebagai media komunikasi. Setiap perangkat yang ingin terhubung dengan perangkat lain dalam jaringan mengirimkan pesan siaran melalui kabel yang terhubung ke kedua perangkat, namun hanya penerima yang menerima pesan dan dapat memprosesnya.

 

Ring (Cincin)

Dalam jaringan berbasis cincin, setiap gadget memiliki 2 “tetangga” untuk tujuan komunikasi. Pesan mengalir melalui cincin ke arah yang sama (baik “searah jarum jam” atau “berlawanan arah jarum jam”).

 

Jika ada kerusakan pada kabel atau perangkat, itu akan memutus loop, yang dapat memutus semua jaringan. Jaringan ring dibuat secara umum, menggunakan teknologi FDDI, SONET, atau Token Ring. Topologi ring dapat ditemukan di berbagai gedung perkantoran atau kampus.

 

 

Star (Bintang)

Banyak jaringan rumah menggunakan topologi bintang. Jaringan bintang memiliki satu titik pusat koneksi, yang dikenal sebagai “node hub.” Ini juga dikenal sebagai “hub node” yang mungkin menjadi hub untuk router jaringan, switch atau switch. Perangkat biasanya terpasang ke hub menggunakan Unshielded Twisted-Pair (UTP) Ethernet.

 

Sebagai perbandingan dalam konteks topologi bus, jaringan star biasanya membutuhkan lebih banyak kabel, namun kegagalan salah satu kabel jaringan akan menyebabkan akses jaringan dimatikan dan bukan seluruh jaringan. (Jika hub rusak, seluruh jaringan akan runtuh.)

 

Tree (Pohon)

Topologi pohon menyatu dengan topologi Star untuk membuat topologi bus. Dalam bentuknya yang paling dasar, perangkat hub terhubung langsung dengan bus dan setiap hub adalah dasar dari pohon perangkat. Hibrida bintang dan bus ini, memungkinkan perluasan jaringan jauh lebih baik daripada bintang atau bus saja.

 

Mesh

Topologi berbasis mesh adalah konsep rute. Berbeda dengan topologi sebelumnya, pesan yang dikirim melalui jaringan mesh dapat mengambil salah satu dari banyak kemungkinan rute dari asal ke tujuan. WAN tertentu khususnya Internet menggunakan mesh routing.

 

Perangkat di Jaringan Komputer

Ada banyak perangkat yang diperlukan untuk membangun jaringan komputer. Berikut ini adalah macam-macam perangkat yang dibutuhkan untuk membangun jaringan komputer:

 

Server

Server berfungsi sebagai media penyimpanan data dan bertanggung jawab atas jaringan komputer. Server umumnya lebih kuat daripada komputer klien.

 

Kabel jaringan

Untuk menghubungkan klien ke server atau perangkat lain kabel jaringan diperlukan. Ada berbagai macam kabel jaringan, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangan yang berbeda, seperti serat optik, koaksial, dan coupler twister.

 

Hub dan Switch

Dua perangkat berbeda dengan tujuan yang sama: untuk menghubungkan beberapa komputer ke satu jaringan.

 

Network Interface Card (NIC)

Network Interface Card sering disebut LAN Card, yang memiliki kemampuan untuk menghubungkan komputer ke jaringan. Saat ini, sebagian besar komputer menyertakan NIC terintegrasi.

 

NIC tersedia dalam berbagai variasi yang dibedakan berdasarkan kecepatannya seperti ethernet (10 Mb/s) dan Ethernet berkecepatan tinggi (100 Mb/s) gigabit Ethernet (1000 Mb/s) serta yang tertinggi (10000 Mb/dtk).

 

Router

Router adalah perangkat dalam jaringan yang terhubung ke internet kabel (LAN) ke jaringan nirkabel (WAN) dan mengontrol lalu lintas data di jaringan.

 

Modem

Modem adalah gadget yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke penyedia layanan internet (ISP).

 

Repeater

Repeater adalah perangkat yang digunakan untuk meningkatkan sinyal nirkabel dalam jaringan. Jika jaringan memiliki banyak saluran atau terhalang oleh penghalang seperti dinding, penggunaan repeater biasanya diperlukan untuk meningkatkan sinyal.

 

Wireless Card

Wireless Card adalah perangkat yang digunakan untuk mengambil sinyal, dan kemudian menghubungkan perangkat ke jaringan nirkabel yang terhubung ke internet. Banyak laptop di generasi sekarang sudah datang dengan jaringan nirkabel di pabrik, namun banyak komputer desktop membutuhkan pengguna untuk menghubungkan jaringan nirkabel pilihan mereka.

 

Kesimpulan

Ya sekiranya seperti itulah artikel kali ini mengenai jaringan komputer beserta topologi jaringan yang dipakai.

 

Kira-kira sampai mana pemahaman kamu dengan artikel yang panjang ini? share jawabanmu di kolom komentar ya, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar