Makalah Pengertian Dimensi Teknologi

Makalah Pengertian Dimensi Teknologi

BAB I

PENDAHULUAN

A. Sebuah latar belakang

Dunia saat ini berada di era informasi yang terus berkembang dan meningkat. Informasi dibutuhkan oleh semua kalangan serta fasilitas kesehatan, instansi pemerintah dan perusahaan pertahanan dan olah raga, serta pendidikan. Di era perdagangan bebas dan globalisasi yang akan segera dilaksanakan ini, sumber daya manusia yang baik merupakan salah satu prasyarat terpenting untuk dapat berdaya saing. Untuk memperoleh sumber daya berkualitas tinggi lembaga pendidikan memainkan peran penting dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan memungkinkan mereka untuk bersaing di era global ini. Informasi dan teknologi terus meningkat kecepatannya.

 

Kemajuan teknologi belakangan ini telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan kita. Secara khusus, mereka memiliki dampak langsung pada persyaratan untuk perubahan dalam manajemen pendidikan. Kemajuan teknologi dan informasi mendorong proses adaptasi di bidang manajemen pendidikan.

 

Banyak dari kita telah menyaksikan dan mendengar dari semua sektor bahwa komputer telah digunakan, yang dapat sangat membantu aktivitas manusia. Misalnya, pengolahan data dapat mencakup informasi laporan keuangan gaji pegawai, pemeriksaan hasil ujian peserta CPNS, serta ujian jawaban UN Semua dilakukan dengan menggunakan komputer. Jika semua ini dilakukan secara manual maka kemungkinan akan memakan waktu dan energi.

 

Tujuan yang dapat dipenuhi oleh penggunaan teknologi dalam informasi adalah untuk memberikan informasi untuk penggunaan pribadi, seperti rincian tentang kehidupan pribadi Anda, seperti informasi tentang kebugaran, hobi, kesehatan dan spiritualitas. Ini diikuti oleh profesi seperti perdagangan teknologi sains, berita bisnis serta asosiasi profesional dan pendidikan. Kolaborasi antara kelompok atau individu dengan individu, kelompok, dosen atau mahasiswa, tanpa harus mempertimbangkan batas-batas jarak ruang, waktu dan jarak. Kemajuan teknologi yang memungkinkan informasi menciptakan perkembangan cara hidup baru yang merentang kehidupan dari awal hingga akhir. Keberadaan semacam ini disebut sebagai kehidupan elektronik, yang berarti bahwa kehidupan kita dapat dipengaruhi oleh berbagai tuntutan secara elektronik.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan konteks masalah Rumusan makalah penelitian ini adalah sebagai berikut:

 

1. Memahami dasar-dasar teknologi informasi

2. Ruang lingkup teknologi informasi

3. Pentingnya teknologi informasi

4. Pentingnya teknologi informasi dalam bidang ekonomi, pemerintahan dan pendidikan.

5. Kelebihan dan kekurangan teknologi dalam bidang pendidikan

 

C. Tujuan Makalah

Tujuan dalam dokumen ini adalah

 

1. Untuk memahami arti dari istilah “teknologi informasi”

2. Untuk memahami ruang lingkup bidang teknologi informasi

3. Untuk memahami fungsi teknologi informasi

4. Cari tahu tentang pentingnya peran teknologi informasi di bidang ekonomi, pemerintahan dan pendidikan.

5. Mempelajari kelebihan dan kekurangan teknologi di kelas

 

BAB II

DISKUSI

 

A. Pengertian Dimensi Teknologi Informasi

Istilah “teknologi informasi” telah banyak digunakan pada pertengahan tahun 80-an. Pengertian “informasi” sendiri telah disepakati secara global sebagai hasil pengolahan data yang secara umum lebih bernilai daripada data mentah.

 

Istilah “teknologi informasi” mengacu pada teknik yang digunakan untuk memproses data yang mencakup proses memperoleh, memproses informasi, menyusun, dan menyimpannya, memanipulasi data dengan metode yang berbeda untuk mengumpulkan data berkualitas tinggi seperti informasi yang akurat, relevan, dan terkini. , yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan bisnis, pribadi dan pendidikan. Selain itu, digunakan oleh pemerintah.

 

Ada banyak istilah atau konsep istilah “teknologi informasi” dari berbagai sumber, antara lain:

 

1. Hall (2001), “teknologi informasi mencakup perangkat keras, perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau beberapa tugas pemrosesan data seperti menangkap, menyimpan, mengambil kembali, dan memanipulasi atau menampilkan data”.

2. Indrajit (2003), “mendefinisikan teknologi informasi adalah teknologi yang berkaitan dengan pengolahan data menjadi informasi dan proses penyebaran data atau informasi dalam batas-batas ruang dan waktu”.

3. Martin (2006), “mendefinisikan teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (hardware dan software) yang digunakan untuk mengolah dan menyimpan data, tetapi mencakup juga teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi”.

4. Hamid Al-Jufri (2010), “teknologi informasi adalah suatu kesatuan data, angka, gambar dan suara yang dimasukkan, diolah, disimpan, dan dikeluarkan datanya melalui media pembelajaran elektronik”.

 

B. Ruang Lingkup Teknologi Informasi

Pengertian teknologi informasi secara luas terbagi dalam dua kategori, yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software). Perangkat keras adalah perangkat keras fisik seperti monitor, CPU dan keyboard printer, dan lainnya. Software terkait dengan instruksi untuk menyiapkan perangkat keras agar berfungsi.sesuai dengan tujuan yang dimaksudkan dari pedoman ini.

 

Haag (2000) memecah teknologi informasi dalam enam kategori yang meliputi:

 

1. Teknologi untuk masukan

2. Teknologi untuk keluaran

3. Teknologi perangkat lunak

4. Teknologi untuk penyimpanan

5. Teknologi komunikasi (teknologi telekomunikasi)

6. Mesin pengolah, juga disebut sebagai CPU

 

Teknologi input mengacu pada perangkat apa pun yang digunakan untuk memasukkan data atau informasi lain dari sumbernya. Contoh paling umum adalah keyboard dan pemindai kode batang. Dalam skenario ini, teknologi keluaran memberikan kontribusi yang signifikan. Teknologi umumnya ditampilkan di layar, tetapi seringkali dalam bentuk kertas cetak.

 

Untuk pembuatan informasi, diperlukan perangkat lunak yang sering disebut sebagai programmer. Program adalah kumpulan instruksi yang digunakan untuk mengontrol perangkat keras di komputer. Penyimpanan untuk komputer dari semua perangkat digunakan untuk menyimpan data. Contoh media penyimpanan antara lain hard disk, tape flash disk, dan hard disk.

 

Sebuah mesin pemrosesan memainkan komponen penting dari teknologi informasi. Ini digunakan untuk memproses, memasukkan dan mengambil informasi serta program (dalam bentuk komponen untuk memori) dan untuk menjalankan perangkat lunak (dalam bentuk komponen prosesor).

 

C. Peran Teknologi Informasi

Saat ini sulit membayangkan sebuah organisasi atau bisnis yang belum terpengaruh oleh kemajuan sistem data berbasis komputer maupun aplikasi berbasis komputer. Banyak perusahaan dan organisasi telah menyadari bahwa mengelola aset informasi yang mereka miliki sama pentingnya dengan pengelolaan sumber daya penting lainnya seperti infrastruktur, properti dan utilitas, karyawan peralatan, modal, dan karyawan.

 

Arti penting teknologi informasi dalam kehidupan kita sehari-hari pada saat sekarang ini cukup besar. Teknologi informasi telah muncul sebagai fasilitator utama proses bisnis, memberikan kontribusi signifikan terhadap perubahan mendasar dalam struktur operasi, struktur, dan manajemen organisasi.

 

Secara umum, fungsi teknologi informasi dapat dinyatakan sebagai berikut: (1) teknologi informasi mengambil alih peran manusia. Dalam skenario ini peran teknologi informasi adalah untuk memberikan otonomi dalam suatu proses atau tugas; (2) teknologi informasi meningkatkan peran manusia dengan cara, misalnya dengan menghadirkan tugas atau proses (3) teknologi informasi merupakan faktor dalam reorganisasi fungsi manusia. Dalam skenario ini teknologi informasi berperan penting dalam melakukan penyesuaian terhadap serangkaian prosedur dan tugas.

 

Banyak bisnis bersedia menginvestasikan banyak uang di bidang teknologi informasi. Alasan utamanya adalah untuk mempertahankan dan meningkatkan daya saing serta efisiensi dan efektivitas.

 

D. Peranan Teknologi Informasi dalam Pemerintahan, Ekonomi, dan Pendidikan

 

1. Peranan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pemerintahan (E-Government)

E-Government adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penggunaan teknologi yang digunakan oleh pemerintah termasuk internet yang mampu memenuhi tuntutan masyarakat, bisnis serta aspek lainnya. Pemanfaatan teknologi informasilah yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya. Pemanfaatan teknologi informasi ini dapat menciptakan jenis hubungan baru, seperti hubungan antara warga dan pemerintah (G2C) bisnis ke pemerintah (G2B) serta pemerintah-ke-pemerintah (G2G).

 

Seruan publik untuk good governance sangat mendesak untuk dipenuhi oleh pejabat dari pemerintah. Salah satu solusinya adalah dengan mengintegrasikan sistem administrasi pemerintahan dengan membangun jaringan sistem informasi online yang menghubungkan instansi pemerintah daerah dan pusat, untuk mengakses semua informasi dan informasi, khususnya yang berkaitan dengan pelayanan publik. Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan adalah bahwa sektor publik memainkan peran kunci dalam memfasilitasi dan mendorong keberhasilan pelaksanaan berbagai inisiatif pembangunan, sehingga keberhasilan pembangunan harus dibantu oleh kecepatan arus informasi dan data antar lembaga. , sehingga ada sistem efektif yang mengintegrasikan pemerintah dengan pengguna lain.

 

2. Peran Teknologi Informasi dalam Perekonomian

Pada awal abad ini, manusia cenderung memiliki peran penting dalam proses produksi karena ekonomi yang kita jalani saat ini dibangun di atas pengetahuan (pengetahuan yang dibangun di atas) dan berpusat pada informasi (informasi terkonsentrasi). Dalam skenario ini peran telekomunikasi dan informatika berperan penting sebagai teknologi (enabler technology).

 

Kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang begitu pesat memungkinkan penerapan metode baru yang lebih efisien untuk memproduksi, mendistribusikan, dan menggunakan barang dan jasa. Ini adalah proses yang memungkinkan orang untuk bergabung dengan ekonomi informasi atau masyarakat.

 

3. Peran Teknologi Informasi di bidang pendidikan

Bidang teknologi pendidikan mencakup mata pelajaran atau disiplin yang membantu memfasilitasi pembelajaran manusia dengan mengidentifikasi serta pengembangan, organisasi, dan penggunaan yang efisien dari semua sumber belajar, dan melalui administrasi semua kegiatan ini. Teknologi informasi telah berkembang menjadi alat yang sangat bermanfaat dan bahkan dapat menentukan tingkat kinerja suatu organisasi.

 

Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan akan meningkatkan proses belajar mengajar, yang selanjutnya akan meningkatkan nilai pendidikan. Secara khusus teknologi, pembelajaran teknologi informasi merupakan bagian dari teknologi pendidikan dan perubahan-perubahan yang terjadi dalam proses belajar mengajar. Jika perangkat terhubung internet, itu adalah elemen dari internet. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk bertukar informasi yang dibutuhkan. Manfaat yang ditawarkan Internet sebagai jaringan komputer memudahkan pengguna untuk bertukar informasi, berkomunikasi dan belajar, yang juga dikenal sebagai e-Learning.

 

Ada tiga fungsi utama pembelajaran online yang dapat digunakan untuk meningkatkan latihan pembelajaran di kelas. Ini adalah:

 

1. Suplemen (suplemen)

Diyakini dapat berfungsi sebagai tambahan (suplemen) ketika siswa mampu memilih untuk memanfaatkan sumber belajar elektronik atau tidak.

 

2. Komplementer (pelengkap)

Hal ini diyakini dapat berfungsi sebagai pelengkap ketika materi pembelajaran pada perangkat elektronik dirancang untuk meningkatkan materi pembelajaran yang digunakan dari siswa selama kelas.

 

3. Pengganti (substitusi)

Sejumlah universitas di negara maju menawarkan berbagai alternatif metode perkuliahan atau kegiatan belajar kepada mahasiswanya. Idenya adalah mahasiswa dapat mengatur perkuliahannya sesuai dengan jadwal dan kegiatan rutin mahasiswa lainnya.

 

E. Manfaat dan Kerugian Teknologi Informasi Pendidikan

 

1. Keunggulan teknologi di dalam kelas adalah:

A. Teknologi pendidikan sebagai sarana untuk membantu dalam penciptaan pengetahuan

B. Teknologi dalam pendidikan sebagai sumber informasi dalam rangka mempelajari pengetahuan peserta didik

C. Teknologi pendidikan sebagai media pembelajaran sosial yang mendukung pembelajaran tanpa harus bertatap muka

D. Peran teknologi di kelas adalah mitra intelektual yang mendukung kemampuan siswa untuk mengartikulasikan dan mengartikulasikan apa yang telah mereka pelajari

E. Teknologi dalam pendidikan dapat meningkatkan kualitas pengajaran di sekolah.

F. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar

G. Penggunaan teknologi di dalam kelas dapat membantu siswa untuk mencapai tujuan pendidikan

H. Pemanfaatan teknologi dalam pendidikan dapat membantu mempercepat perkembangan ilmu pengetahuan

 

2. Kerugian menggunakan teknologi dalam pendidikan adalah:

A. Profesor atau guru yang tidak mampu mengelola atau menguasai perangkat elektronik akan dikucilkan oleh siswanya

B. Teknologi pendidikan membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mendorong inovasi sekolah meskipun keadaan sebenarnya tidak seperti itu.

C. Penggunaan teknologi dalam pendidikan baik perangkat keras maupun perangkat lunak membutuhkan biaya yang mahal

D. Minimnya sarana dan prasarana di sekolah dapat membatasi inovasi pendidikan

E. Penerapan teknologi mengajar sebagai perangkat keras membutuhkan banyak pengawasan oleh guru, dosen atau orang tua, khususnya secara online dan dalam perangkat lunak

F. Siswa yang tidak termotivasi motivasi lebih cenderung lambat dalam pertumbuhannya.

 

BAB III

KESIMPULAN

 

Kemajuan teknologi terkini telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan kita. Secara khusus berdampak langsung pada kebutuhan penyesuaian dalam pengelolaan pendidikan. Kemajuan teknologi dan informasi merupakan faktor utama dalam proses adaptasi di bidang manajemen pendidikan.

 

Teknologi informatika mengacu pada teknik yang digunakan untuk memproses data seperti pengumpulan, pemrosesan dan penyimpanan, kompilasi, manipulasi data dalam berbagai metode untuk mendapatkan informasi berkualitas tinggi yang andal, akurat, dan terkini, serta digunakan untuk bisnis, pribadi, dan tujuan pendidikan. Selain itu, digunakan oleh pemerintah.

 

Secara umum, teknologi informasi dibagi menjadi dua kategori yaitu perangkat lunak (hardware) (perangkat keras) dan perangkat lunak (software).

 

Makna umum peran teknologi informasi dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) teknologi informasi mengambil alih peran manusia. Dalam skenario ini teknologi informasi mampu melakukan secara mandiri dalam suatu proses atau tugas; (2) teknologi informasi dapat meningkatkan peran manusia dengan memberikan suatu tindakan atau proses (3) Teknologi informasi merupakan faktor dalam reorganisasi posisi manusia.

 

Teknologi informasi di lingkungan pemerintahan dapat menjadi katalisator dan fasilitator utama bagi keberhasilan berbagai tindakan pembangunan, oleh karena itu kemajuan pembangunan harus ditopang dengan kecepatan arus informasi dan data antara Sistem yang menghubungkan pemerintah dengan pengguna lain.

 

Kemajuan teknologi di bidang teknologi informasi dan komunikasi begitu pesat, sehingga sekarang dimungkinkan untuk mengembangkan metode baru yang lebih efisien dalam memproduksi, mendistribusikan dan mengkonsumsi produk dan jasa. Ini adalah metode yang telah membawa orang ke dunia informasi dan ekonomi.

 

Pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan akan meningkatkan proses belajar mengajar yang selanjutnya meningkatkan nilai pendidikan. Teknologi khususnya pembelajaran teknologi informasi adalah komponen dari teknologi pendidikan, dan transformasi yang terjadi dalam cara pembelajaran disampaikan.

Tinggalkan komentar